Selasa, 24 Maret 2009

Filsafat

filsafat
etimologi (tambahan untuk bagian etimologi)

pilosophy (inggris), piloshopia (jerman, belanda dan prancis). ada dua makna; pertama, bermakna teman kebijaksanaan yang berasal dari kata philein berarti teman, dan sophos berarti bijaksana. kedua, bermakna hal yang berkenaan dengan kebijaksanaan dari kata yang berarti menggemari dan philossophia yang berarti kebijaksanaan.

phytagoras (SM) adalah orang yang pertama mempopulerkan istilah piloshopy, ketika ia ditanya orang apakah dia orang yang bijaksana? phytagoras dengan rendah hati menjawab "saya adalah piloshopos" (saya adalah orang yang menyenangi kebijaksanaan).

Ilmu

ilmu adalah padanan kata untuk science. Istilah science (baca sains) berasal dari kata Latin Scientia yang terambil dari kata scire. Kata terakhir ini berarti dua yaitu (mengetahui)..yakni sebuah pengetahuan yang diperoleh dari mengetahui tentang sesuatu. dan to knowto learn (mempelajari) makna kedua inilah yang mendasari ilmu sebagai sebuah proses. Ilmu adalah proses melahirkan pengetahuan. Itulah makanya Charles Singer mendefinisikan ilmu sebagai "process to make knowledge"

Pengertian ilmu sebagai pengetahuan itu sesuai dengan asal-usul istilah Inggris Science yang berasal dari perkataan Latin scientia yang diturunkan dari kata scire. Perkataan terakhir ini artinya mengetahui (to know).Tetapi pengetahuan sesungguhnya hanyalah hasil atau produk dari sesuatu kegiatan yang dilakukan manusia. Perkataan Latin Scire juga berarti belajar (to learn). Makna science dalam pengertian terakhir ini adalah suatu proses atau kegiatan yang simultan. Dengan demikian, ilmu pada dasarnya adalah sebuah proses yang melahirkan pengetahuan. Oleh karenanya menurut Charles Singer, science is the process which makes knowledge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar