Jumat, 20 Maret 2009

bahan kuliah II

2. ILMU
oleh: Norman Ohira
a. Etimologi
Kata Ilmu dalam bahasa Indonesia terambil dari kata Arab 'ilmun yang berarti tahu, mengetahui, pengetahuan. Namun pengertian kata ini tidak dapat menunjukkan kepada makna ilmu sebagaimana ilmu itu dipahami terutama dalam dunia ilmiah.
Kata pengetahuan itu sendiri merupakan padanan kata yang tepat untuk knowledge atau ma'rifah. sedangkan penggunaan kata yang bermakna kepada ilmu sebagaimana dipahami dalam konsep dan penggunaannya di duni ilmiah adalah kata science, diIndonesiakan menjadi sains.
Terjadi perbedaan pendapat dalam menempatkan kata untuk makna dari ilmu dalam bahasa Indonesia. Yuyun Suriasumantri cendrung menggunakan istilah sains untuk makna ilmu. sedangkan menurut sebagian ahli lain menyetujui dengan kata ilmu pengetahuan.
Menurut hemat kita, kata yang tepat adalah ilmu atau sains. sebab jika ditambahkan dengan pengetahuan di belakangnya, maka kata tersebut menjadi rancu. ilmu dan pengetahuan adalah dua konsep yang berbeda dan tidak bisa disatukan. meskipun pada dasarnya ilmu berawal dari pengetahuan juga.
Pengetahuan adalah sesuatu yang ditangkap oleh panca indera disengaja atau tidak disengaja sepanjang pengalaman hidup. Tidak disengaja dalam arti pengetahuan yang diperoleh dari luar nalar kemanusiaan, atau supranatural atau ilham da wahyu dalam bahasa agama.
Sedangkan ILmu merupakan proses yang disengaja dari panca indera..atau proses empiris yang tidak langsung jadi. Artinya ilmu itu memiliki tahapan tertentu yang saling berkaitan, dimana setiap tahap merupakan alat atau variabel penentu dari tahap berikutnya.
2. Terminologi
Ilmu atau sains adalah pengetahuan yang diperoleh melalui proses atau tahapan tertentu yang disebut dengan metode ilmiah. Jadi, ilmu sebenarnya adalah hasil dari metode ilmiah. Sedangkan pengetahuan bukan merupakan hasil dari metode ilmiah. Namun ketika sebuah ilmu telah menjadi umum dan tersebar, maka hasil tersbut sekaligus telah menjadi pengetahuan bagi banyak orang.
Metode ilmiah adalah proses simultanyang berawal dari masalah dan berakhir ke masalah. Metode ilmiah adalah kegiatan empiris yang bertumpu kepada nalar dan logika panca indera. hasil dari metode ilmiah adalah apa yang disebut dengan Teori. Teori inilah yang kemudian menjadi ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar