Sabtu, 14 Maret 2009

Filsafat Ilmu

FILSAFAT ILMU..

Pengertian
1. Filsafat
a. Etimologi/ lughatan
Secara etimologi filsafat terambil dari kata Arab falasifah, yang berasal dari bahasa Greek philosopia. Kata filsafat merupakan gabungan dari dua kata yaitu philo, pilein, fhilos yang berarti to love, to like atau sangat menggemari, menyukai. kata kedua sovos, sopia yang berarti wisdom, hikmah atau kebijaksanaan, nilai luhur dari kebenaran. jadi secara etimologis filsafat dapat diartikan sebagai sangat menyukai kebijaksanaan atau nilai luhur kebenaran.
kata filsafat sendiri belum jelas konfigurasinya dalam bahasa Indonesia. Menurut Harun Nasution, yang tepat adalah falasifah yakni sebagai peng-Indonesaian dari kata Arab falasifah. Dalam Inggris ditulis dengan philosopy. Namun oleh karena telah menjadi umum atau common word, maka penggunaan kata filsafat dapat ditolerir.
b. Terminologi/ Istilahan
Secara istilah, pengertian filsafat sangat beragam, namun menunjukan kepada esensi yang sama. Pengertian Filsafat selanjutnya seklaigus menjadi ciri dari berfikir filsafat. Oleh karena filsafat pada hakikatnya adalah sebuah kegiatan oleh pikir yang bertumpu kepada opersional akal atau rasio state. dengan demikian wilayah filsafat dibatasi pada persoalan pikiran atau yang terjangkau oleh matra akal. Sehingga tiada batas selama akal tidak terbatas. JIka akal terbatas maka itulah batas makna filsafat.
Menurut pengertian yang umum dari filsafat adalah proses berfikir secara sistematis, universal, dialektis, rasional sampai ke akar (radix)persoalan untuk menemukan kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar