Sabtu, 04 Agustus 2012

PENGERTIAN ILMU (bahan kuliah IV)

oleh norman ohira.

Pengertian ilmu sebagai pengetahuan itu sesuai dengan asal-usul istilah Inggris Science yang berasal dari perkataan Latin scientia yang diturunkan dari kata scire. Perkataan terakhir ini artinya mengetahui (to know). Tetapi pengetahuan sesungguhnya hanyalah hasil atau produk dari sesuatu kegiatan yang dilakukan manusia. Perkataan Latin scire juga berarti belajar (to learn). Makna science dalam pengertian terakhir ini adalah suatu proses atau kegiatan yang simultan. Dengan demikian, ilmu pada dasarnya adalah sebuah proses yang melahirkan pengetahuan. Oleh karenanya menurut Charles Singer science is the procces which makes knowledge


OBJEK MATERIAL DAN FORMAL FILSAFAT ILMU DAN RUaNG LINGKUPNYA.

Yang dimaksud dengan objek material adalah sesuatu yang dijadikan sasaran pemikiran (gegenstand ). Maksudnya adalah semua yang dijadikan bahan, hal-hal yang menjadi kajian atau apa saja yang menjadi pembahasan. Sedangkan yang dikatakan objek formal adalah cara meninjau, memandang yang dilakukan peneliti terhadap objek materialnya beserta prinsip-prinsip yang digunakannya.Maksudnya adalah metode, konsep atau pemikiran yang digunakan dalam membahas objek material.

Objek material dari filsafat ilmu adalah keseluruhan hal yang berkenaan dengan ilmu baik ilmu sebagai proses, produk, maupun sebagai prosedur. Dalam kerangka ini sesuai dengan pembagian ranah filsafat yang membahas ontologi, epistemologi dan axiologi. Objek formal dari filsafat ilmu adalah cara berfikir filsafat yang digunakan dalam memahami segala hal yang berkenaan dengan ilmu.

sebagai contoh, ketika ilmu dianggap sebagai sebuah proses yang simultan, maka hal yang dibahas adalah apa, bagaimana dan tujuan dari ilmu sebagai proses. Ini disebut objek material dari filsafat ilmu. Sedangkan cara memahaminya adalah dengan menguraikan atau dengan metodologi berfikir filsafat yakni rasional, universal, sistematis dan radikal. hal terakhir ini dinamakan objek formal filsafat ilmu.

Objek material dan formal filsafat ilmu sangatlah banyak dan luas..silahkan dikembangan sebagaimana contoh di atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar